Senin, 28 Desember 2020

Model Pembelajaran Project Based Learning/PjBL

Model pembelajaran merupakan implementasi seluruh komponen pendekatan, strategi, metode yang diterapkan secara menyeluruh dan utuh dalam proses pembelajaran. Kurikulum 2013 menitikberatkan pada pola atau model yang mendukung terjadinya proses pembelajaran saintifik, seperti Project Based learning, Problem Based Learning/Problem Solving/Inquiry, Discovery Learning.

Project Based Learning/PjBL (Pembelajaran Berbasis Proyek)

  Pembelajaran Berbasis Proyek merupakan cara belajar dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya pada aktivitas nyata. Pembelajaran Berbasis Proyek dirancang untuk memfasilitasi peserta didik melakukan investigasi dengan menggunakan permasalahan yang komplek. Pembelajaran Berbasis Proyek memberikan kesempatan kepada para peserta didik untuk menggali materi dengan menggunakan berbagai cara yang bermakna bagi dirinya, dan melakukan eksperimen secara kolaboratif.

     Pembelajaran Berbasis Proyek memiliki beberapa karakteristik, yaitu peserta didik: (a) membuat keputusan tentang permasalahan yang diberikan, (b) mendesain solusi atas permasalahan yang diajukan, (c) secara kolaboratif bertanggungjawab mengelola informasi untuk memecahkan permasalahan, (d) secara berkala melakukan refleksi atas aktivitas  yang sudah dijalankan, (e) produk akhir aktivitas belajar akan dievaluasi secara kualitatif, (f) situasi pembelajaran sangat toleran terhadap kesalahan dan perubahan

     Peran guru dalam  Pembelajaran Berbasis Proyek adalah sebagai fasilitator, pelatih, penasehat dan perantara untuk mendapatkan hasil yang optimal sesuai dengan daya imajinasi, kreasi dan inovasi dari peserta didik. Keuntungan melaksanakan Pembelajaran Berbasis Proyek adalah meningkatkan: (a) kolaborasi, (b) motivasi belajar, (c) kemampuan memecahkan masalah. (d) keaktivan, (e) kemampuan mengembangkan dan mempraktikkan keterampilan komunikasi, (f)  keterampilan mengelola sumber belajar, (g) pengalaman dalam mengorganisasi tugas, (h) kemampuan untuk belajar mengambil informasi dan menunjukkan pengetahuan yang dimiliki, kemudian diimplementasikan dengan dunia nyata.

      Langkah langkah pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Proyek


       Diagram 1: Langkah langkah Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Proyek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar